FUTSAL

FUTSAL

A. Sejarah Futsal
Futsal berasal dari Montevidio, ibukota Uruguay, pada tahun 1930. Pada saat itu, Juan Carlos Ceriani menyelenggarakan pesta menyepak kulit bundar lima lawan lima. Penyelenggaraaan kejuaraan ini, diikuti oleh para pemain muda di lapangan yang mirip lapangan basket.
Pertandingan futsal berskala internasional pertama kali diadakan pertama diadakan pada tahun 1965. Pada pertandingan futsal itu, negara paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Kemudian, pertandingan Piala Amerika Selatan yang diselenggarakan hingga tahun 1979, yang dijuarai oleh negara Brazil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan-Amerika pertama tahun 1980. Selanjutnya, pada tahun 1984 pertandingan pun diadakan lagi dan negara Brazil yang memenangkan pertandingan tersebut.
Pertandingan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brazil, tahun 1982, berakhir dengan kemenangan tim negara Brazil. Brazil mengulangi kemenangannya di kejuaraan dunia kedua tahun 1985 di Spanyol. Akan tetapi, pada kejuaraan dunia ketiga tahun 1988, tim negara Brazil yang sering dijuluki sebagai “tim tango” ini dikalahkan oleh tim dari negara Paraguay.

B. Pengertian Futsal
Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu dengan satu regunnya sebanyak lima orang. Tujuan permainan ini sama dengan permainan sepak bola, yaitu memasukan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Lapangan futsal dibatasi garis. Setiap regu dalam futsal memiliki lima orang pemain dan pemain cadangan.
Istilah futsal pada dasarnya berasal dari Spanyol dan portugis. Sepak bola (footbal) dikenal sebagai futbol. Dengan istilah yang sama, kemudian dinamai futsal. Sal di sini memiliki arti ruangan yang diambil dari bahasa Prancis (salon) atau juga Spanyol (sala). Selanjutnya, FIFA mengadopsi nama futsal sebagai nama resmi bal-balan dalam ruangan.

C. Perlengkapan Bermain Futsal
1. Lapangan futsal harus mulus, datar dan tidak abrasif. Lapangan biasanya terbuat dari kayu atau material sintesis, bukan rumput atau kerikil.
2. Bola futsal memiliki keliling 62-64 cm, ini berarti lebih kecil dari bola sepak yang memiliki keliling 68-70 cm dan terbuat dari bahan kulit.
3. Perlengkapan bermain futsal sama persis dengan perlengkapan pemain sepak bola hanya saja sepatu untuk futsal terbuat dari kanvas dengan sol karet atau bahan sejenisnya.
4. Wasot dalam permainan futsal terdiri dari dua orang, yaitu wasit utama dan asisten wasit.

(sumber : futsal, R. Aulia Narti; penerbit : PT. Indah Jaya Pratama ; Bandung )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s